Fakta-Fakta Olahraga yang Disarankan Pasca Lahiran

Fakta-Fakta Olahraga yang Disarankan Pasca Lahiran

Siapa sih yang nggak kepengin hidup sehat dengan olahraga?

Nggak peduli umur dan gender, para ahli sudah sering menggaungkan giat olahraga dengan porsi dan ukuran masing-masing. Tujuannya adalah agar tubuh tetap sehat dengan bergerak dan menghasilkan keringat, membakar lemak, dan melatih otot pada tubuh.

Tapi olahraga ternyata nggak sembarangan bisa dilakukan loh, Mams. Terutama untuk kondisi wanita setelah lahiran dan mendapatkan perawatan khusus. Pasti pernah kan, Mams mengalami perubahan fisik pada tubuh seperti perut menggelambir, otot yang udah kaku, badan pegel-pegel?

Pasti udah greget banget tuh, Mams pengin olahraga biar tubuh bisa kembali seperti semula. Dilansir dari situs Alodokter, waktu untuk memulai olahraga yang tepat setelah lahiran adalah tergantung dari kesanggupan, kondisi, dan saran dari dokter. 

Umumnya, mereka yang melahirkan secara normal boleh berolahraga selang beberapa hari setelah lahiran. Namun, untuk kondisi lahiran dengan operasi caesar, biasanya dibutuhkan waktu selama 6 hingga 8 minggu untuk memulihkan kondisi sebelum mulai berolahraga.

Nah, kira-kira gerakan apa aja sih yang diperbolehkan untuk wanita pasca lahiran? Nggak mungkin dong Mams langsung angkat beban dan gerakan yang berat. Berikut ini gerakan olahraga yang bisa Mams lakukan pasca lahiran:

Jalan Santai

Yuk, Mams, mulai pemanasan sebelum balik lagi shopping ke Mall dengan latihan jalan kaki. Gerakan sederhana ini berguna untuk memulihkan reaksi otot dan melatih keseimbangan pasca lahiran.

Gerakan ini bisa dilakukan selama 20 - 30 menit per hari. Mams juga bisa melakukannya sambil menggendong bayi untuk meningkatkan chemistry dan melatih keseimbangan. Variasi lainnya adalah dengan berjalan zigzag dan mundur untuk melatih reaksi otot.

Senam Kegel

Setelah Mams merasa cukup siap untuk melakukan gerakan olahraga lanjutan, Mams bisa melatih otot perut dan panggul dengan senam Kegel. Melatih otot panggul ini berguna untuk mencegah kebocoran urin pasca lahiran loh, Mams.

Cara untuk senam Kegel ini adalah dengan mengencangkan otot panggul dan perut, lalu tahan lemaskan setelah 10 detik. Lakukan pengulangan sebanyak 10 kali jika memungkinkan.

Setelah Mams sudah merasa pulih sempurna, Mams bisa mulai gerakan olahraga lainnya yang memungkinkan untuk dilakukan.

Kami memahami kegundahan Mams pasca lahiran yang memiliki beberapa masalah pada tubuh. Percaya diri dan kebanggaan menjadi seorang perempuan membuat kami sadar bahwa tubuh juga dapat dirawat dengan sepenuh hati. #Liefmam #ProudTobeMom
Email
Hubungi via Whatsapp
FAQ
© Copyright 2022 - Liefmam - All Rights Reserved
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram